IAC. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengajak Ikatan Alumni Curug (IAC), terus berkontribusi membangun masa depan penerbangan di Indonesia. Hal itu disampaikan Menhub Budi Karya saat membuka acara reuni akbar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kedua IAC.

"Saya mengajak Ikatan Alumni Curug, Bapak/Ibu semua untuk terus berkontribusi. Khususnya dalam membangun masa depan penerbangan di Indonesia," kata Budi Karya, Sabtu (23/9/2023).

Menhub menyampaikan, peran yang sangat strategis dalam membangun konektivitas transportasi di Indonesia tidak lepas dari peran seluruh alumni. "Semoga geliat penerbangan pascapandem Covid-19 kembali bergairah," ujarnya.

Ketua Ikatan Alumni Curug (IAC), Elfi Amir mengatakan, ini merupakan reuni akbar pertama dimana pesertanya merupakan alumni lintas angkatan. "Dari angkatan paling tua hingga angkatan paling muda," ucapnya, menjelaskan.

Elfi juga mengaku, reuni akbar ini diikuti oleh ikatan alumni program studi, diantaranya Ikatan Alumni Program Studi Penerbang. Lalu, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Pesawat Udara, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Navigasi Udara, Ikatan Alumni Teknik Listrik Bandara.

"Ada pula Ikatan Alumni Program Studi Lalu Lintas Udara, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Mekanikal Bandara. Selanjutnya, Paguyuban Warga Komunikasi Penerbangan, Ikatan Alumni Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan, Ikatan Alumni Program Studi Penerangan Aeronautika, Ikatan Alumni Operasi Bandar Udara, Ikatan Alumni Pertolongan Kecelakaan Pesawat," ujarnya.

Elfi menuturkan, reuni akbar ini juga bertujuan untuk merangkul seluruh maskapai, stekholder di bidang penerbangan. Agar dapat membuka lapangan kerja, serta menyerapa tenaga kerja dari alumni PPI.

"Reuni ini juga diisi dengan berbagai macam kegiatan dengan tujuan bernostalgia. Salah satunya dengan melakukan tur fasilitas pendidikan dan tur barak," ucap Elfi.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Agendanya membahas dan mengevaluasi program-program kerja yang merupakan mandat dari Musyawarah Nasional Kedua.

"Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan dihadiri oleh Pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan serta 600 alumni dari seluruh Indonesia," ucapnya, mengakhiri.​ (*)