Musyawarah Nasional Ikatan Alumni Curug (IAC) Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang pertama resmi dibuka oleh Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, M.M di Gedung Serba Guna Kampus STPI Curug, Banten, Minggu (17/12/2017) pagi.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan pembukaan.

Ketua Organizing Committe Dian Anggraini P, SSiT, MT dalam sambutannya menyatakan, mengambil tema semboyan “Cewama Eka Tayai” yang berarti mengabdi untuk kesatuan, diharapkan IAC dapat menjadi wadah pemersatu bagi kemajuan para alumni dan STPI.

“Melalui Munas IAC yang pertama ini semoga juga makin mempererat tali silaturahim di antara para alumni,” kata Dian.

Deklarator IAC Salahudin Rafi dalam sambutan pengantarya mengatakan, ide dibentuknya IAC terdorong oleh fakta bahwa sejak didirikan tahun 1952 dengan nama Akademi Penerbangan Indonesia (API) para alumni STPI hingga saat ini belum memiliki wadah resmi alumni.

“Pada 14 Januari 2017, kami para alumni 1989 lintas jurusan membuat WA Group. Dari situ tercetus ide untuk membentuk Ikatan Alumni Curug sebagai salah satu bentuk sumbangsih kami dari lulusan 1989 untuk STPI,” ujar Raffi.

Berlanjut dari situ, kemudian dilakukan reuni sekaligus untuk mematangkan rencana pembentukan IAC.

“Pada 30 April kami menemui Ketua STPI untuk menyampaikan rencana pembentukan IAC. Luar biasa, dukungan dari Ketua STPI sangat besar, termasuk langsung menyediakan ruangan sekretariat untuk IAC, padahal organisasinya saja belum terbentuk. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari Ketua STPI,” ujar mantan direktur di PT Angkasa Pura II itu.

Sebagai informasi tambahan, lanjut Rafi, hingga menjelang Munas IAC yang pertama ini, alumni yang sudah mendaftar jadi anggota IAC telah mencapai 1.706 orang. “Tidak hanya di dalam negeri, tapi tersebar hingga ke luar negeri,” urainya.

Dalam rencana berikutnya, setelah terbentuk kepengurusan DPP IAC, maka akan dibentuk DPC atau DPW di daerah. Melalui Munas IAC ini juga akan dipilih Ketua IAC dan perumusan AD/ART.

Sementara itu, Ketua STPI Capt Novyanto Widadi dalam sambutan pembukaan Munas IAC menyatakan, lulusan alumni API, LPPU, PLP Curug, dan STPI Curug hingga saat ini telah mencapai lebih 20.000 orang. Jumlah sebanyak itu, kata Ketua STPI, merupakan suatu kekuatan yang dapat turut membesarkan almamaternya.

Ketua STPI juga menyoroti soal tantangan ke depan yang tidak ringan.

“Tantangan-tantangan kita hadapi, di antaranya adalah masih adanya sejumlah lulusan STPI yang belum mendapat pekerjaan,” kata Novyanto.

“Mari kita bersama-sama dalam musyawarah ini untuk bekerja keras dan bekerja cerdas. Kalau bukan alumni, lalu siapa lagi yang membesarkan almamater,” pungkasnya. (*RONI SONTANI)